Gidion: Suruh Walhi Tanya Siapa yang Desain Demo


Waingapu, Savanaparadise.com,- Tudingan Wahana Lingkungan (Walhi) NTT yang menduga ada pihak ketiga yang berada dibelakang karyawan PT Muria Sumba Manis (MSM) dan sejumlah warga lokal yang melakukan demontrasi menolak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) mendapat respon serius dari Bupati Sumba Timur, Gidion Mbiliyora. Gidion yang akrab disapa GBY ini meminta Walhi untuk menelusuri siapa yang berada di belakang aksi aksi Karyawan PT MSM yang menolak LSM yang mengadvokasi lahan ulayat milik warga untuk kepentingan investasi

” By desain? suruh Walhi tanya yang demo siapa yang desain,” kata Gidion ketika dihubungi SP melalui layanan pesan singkat, Sabtu, 04/08/18.

Gidion juga menampik tudingan Walhi NTT terkait dirinya hadir dan menerima peserta demo yang mendukung kehadiran PT MSM. menurut Gidion ketidak hadirannya pada demo masyarakat yang memperjuangkan lahan dikarenakan ada agenda pemerintahan yang bersamaan dengan aksi masyarakat.

” Bukan tidak terima yang lalu tapi bertepatan dengan rapat dengan Dinas Pendidikan,” Ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wahana Lingkungan (Walhi) NTT menduga ada pihak ketiga yang berada dibelakang karyawan PT Muria Sumba Manis (MSM) dan sejumlah warga lokal yang melakukan demontrasi menolak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Walhi menduga demontrasi tersebut kata Walhi merupakan upaya untuk mengadu domba masyarakat agar menolak LSM untuk tidak melakukan advokasi terhadap perampasan hak ulayat dengan alasan investasi.

” aksi yang dilakukan oleh kelompok masyarakat hari ini merupakan by design. mengapa saya mengatakan by design?, semua peralatan dan mobilisasi massa ke Kota itu terindikasi ditunggangi pihak lain. bahkan Bupati Gidion dan Wakilnya hadir untuk menerima massa aksi. ini cara lain yang dimainkan dan tidak akan merubah apa-apa,” kata Deputi Walhi NTT, Umbu Tamu Ridi ketika dihubungi SP, Jumad, 03/08/18.

Ia Menyayangkan kehadiran Bupati Gidion yang menerima aksi demonstrasi PT MSM. menurutnya pada aksi yang dilakukan oleh warga masyarakat yang trerkena dampak penguasaan lahan oleh PT MSM, Bupati Gidion Malah mangkir. (S13)

Comments

Previous Demo Karyawan PT MSM di Kantor Bupati Sumba Timur Makan Korban
Next AMAN Sumba Kecam Aksi karyawan PT MSM Yang Makan Korban