2401 KPM di TTU Terima Bantuan Sosial Tunai

140

 

Kefamenanu, Savanaparadise.com,- Hari ini rabu, 20 mei 2020 sebanyak 2401 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)di kabupaten TTU menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah pusat.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandez, S.Pt di kantor PT Pos Indonesia Cabang Kefamenanu.

Kepala dinas Sosial Kabupaten TTU Ir. Matheos M.J. Dami dalam sambutannya mengatakan Bantuan Sosial Tunai merupakan salah satu jaring pengamanan sosial yang disiapkan pemerintah untuk meminimalisir dampak dari Covid 19.

Dikatakan Ir. Dami bahwa bantuan tersebut berupa uang tunai sebanyak Rp. 600.000/KPM per bulan selama 3 bulan dimulai dari bulan april hingga juni 2020.

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi keluarga miskin, tidak mampu dan/atau rentan yang terkena dampak wabah covid 19 yang sebelumnya belum pernah menerima bantuan dari Kemensos seperti Program Sembako maupun Program Keluarga Harapan (PKH).

Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandez kepada SP mengatakan Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan bukti bahwa pemerintah hadir di saat masyarakat mengalami situasi sulit seperti saat ini.

“BST ini bukti bahwa pemerintah hadir dikala masyarakat berada dalam suasana sulit seperti situasi pandemi covid 19 saa ini” kata Raymundus.

“Kita berharap bantuan ini bisa tepat sasaran dan tepat guna sesuai petunjuk dan aturan yang sudah ditentukan” tutur Fernandez.

“Tepat guna yang saya maksudkan adalah bantuan ini digunakan untuk kepentingan rumah tangga. Jangan sampai dana ini kemudian digunakan untuk beli alkohol dan hal-hal lain yang tidak berguna” sambung Bupati TTU 2 periide ini.

“Saat ini kita semua dianjurkan untuk tinggal di rumah maka uang yang ada pakai untuk beli beras, beli sayur dan beli ikan untuk makan minum bersama istri anak di rumah” sambung Raymundus.

Sementara itu Hanan, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Soe pada kesempatan yang sama mengucapkan apresiasi atas perhatian pemerintah kepada masyarakat di tengah Pandemi covid 19 dengan menyalurkan BST melalui PT Pos Indonesia.

Hanan mengungkapkan bahwa bantuan BST yang disalurkan Kemensos melalui PT Pos Indonesia cabang Soe dan kefamenanu sebanyak 6036 KPM.

Untuk kabupaten TTU BST yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia cabang kefamenanu sebanyak 2036 KK. Sisanya disalurkan melalui Bank BNI dan BRI.

Menurut Hanan, pemerintah melalui Kemensos RI menuntut agar sebelum pelaksanaan hari raya Idulfitri dana tersebut sudah dapat disalurkan. Untuk menjawabi tuntutan tersebut Hanan mengungkapkan bahwa titik penyaluran akan diperbanyak seperti melalui kantor pos Eban, kantor pos Kiupukan dan kantor pos Napan.

Ditengah pandemi covid 19 di mana masyarakat dilarang untuk berkumpul dalam jumlah banyak, Hanan mengungkapkan bahwa sistem dan mekanisme penyaluran akan tetap mematuhi protokol covid 19 di mana akan dihimbau melalui para camat, kepal desa/lurah agar setiap warga yang mendapatkan BST agar datang ke kantor pos tetap menggunakan masker.

Selain itu di setiap titik pembayaran akan disediakan tempat cuci tangan agar setiap penerima bantuan yang datang wajib mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mendapatkan pelayanan. (YA)

Comments