Akhirnya NTT Punya Sopia, Minuman Alkohol Bermerek

Gubernur NTT bersama Rektor Undana Kupang usai menandatangani perjanjian kerjasama Sopia

Kupang,  Savanaparadise.com,- Provinsi  Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya punya minuman alkohol bermerek yang bakal bersaing dipasar nasional. Minuman alkohol itu diberi nama Sopia atau Sopi asli dari NTT. Sopia yang diracik dari minuman khas tradisional NTT ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang bermitra dengan pemerintah provinsi NTT.

Rektor oleh Universitas Nusa Cendana, Fred Benu kepada wartawan mengatakan Sopia merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh unit industri yang ada di kampus. Penelitian yang memakan waktu 4 tahun itu akhirnya menghasilkan minuman keras dengan kadar alkohol 45%.

“Kami sudah lakukan kajian dan penelitian terkait dengan miras Sophia yang akan diluncurkan nanti,” kata Rektor Undana, Fred Benu kepada wartawan, Senin, 1 April 2019 usai penandatangan MoU antara Udana dengan distributor Miras Sopia.

Gubenur NTT Viktor Laiskodat mengaku sudah mencicipi sopia hasil penelitian yang dilakukan oleh Undana Kupang. Ia mengatakan Sopia rasanya sangat enak dan tidak kalah dengan minuman beralkohol seperti cap tikus dan sake.

Ia menjelaskan Sophia dihasilkan dari pohon aren dan enau yang selama ini sudah dijual masyarakat. Hasil fermentasi yang dilakukan oleh masyarakat kemudia akan dibeli oleh Produsen yaitu bidang industri Badan Layanan Umum (BLU) Undana untuk diolah lagi menjadi Sopia.

” Kita ambil minuman  lokal seperti moke, sopi dan arak yang di jual masyarakat akan di beli pemerintah dan diolah lagi,” kata Viktor.

Dia menjelaskan kadar alkohol Sophia  bervariasi kadar alkoholnya mulai 35 persen, 40 persen hingga 45 persen. (SP)

 

Comments