Baru Setahun Dikerjakan, Irigasi Wae Kokak di Manggarai Rusak Parah

  • Whatsapp

Ruteng, Savanaparadise.com,- Kisruh irigasi Wae Kokak di Desa Ndehes, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, NTT, rusak parah, padahal pembangunannya belum setahun dan menghabiskan anggaran Rp. 1,5 Miliar.

Masalah ini mendapat tanggapan dari Ketua Umum Lembaga Pusat Pengkajian Kebijakan Pembangunan Daerah (LPPKPD), Heribertus Erik San.

Erik San, mengatakan masalah irigasi air adalah masalah yang sangat vital bagi pasokan air ke lokasi perkebunan atau sawah petani sekitar. Terkait masalah irigasi di Wae Kokak, Desa Ndehes, Pemda Manggarai perlu bersikap tegas.

“Pemda Manggarai melalui Dinas PUPR perlu turun langsung ke lokasi atasi masalah irigasi ini secepatnya,” katanya Erik San kepada wartawan, Kamis, (03/6/21).

Selain itu, lanjut Ketua Umum LPPKPD ini,
salah satu penyebab utama masalah pembangunan irigasi karena tidak optimalnya peran konsultan pengawas proyek. “Ada indikasi ketidaksesuaian antara perencanaan awal dengan pengerjaan di lokasi, sehingga irigasinya rusak, padahal menelan anggaran besar. Oleh karena itu, perlu ada evaluasi menyeluruh untuk proyek irigasi Wae Kokak ini, tegasnya.

Terkait sikap Lembaga LPPKPD, Erik San menegaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya ini siap mengadvokasi dan mengkawal kasus ini sampai tuntas.

Penulis: Beny Tengka

Editor: Chen Rasi

Pos terkait