Bawang Putih Turun Harga, Bawang Merah Naik

25

Kupang, Savanaparadise.com,- Berdasarkan informasi yang beredar di pasaran Nusa Tenggara Timur (Kupang) terjadi perubahan kenaikan harga Bawang. Dimana pada beberapa bulan yang lalu terjadi kenaikan harga bawang putih melambung tinggi dan bawang merah berada pada harga normal.

Namun untuk beberapa pekan ini, harga bawang putih menurun menjadi 30.000,-/kg dan berbanding terbalik ketika terjadi penurunan harga bawang putih, dimana harga bawang merah melambung lagi.

“Sekarang ini berbalik arah, bawang putih turun harga, bawang merah naik lagi”, tutur Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Fredrik Tielman kepada Savanaparadise.com, selasa, 09/04, di kupang.

Menurut Tielman, dirinya juga mendapat informasi soal kenaikan harga bawang merah. Kenaikan harga tersebut, katanya kemungkinan disebabkan oleh penjualan bawang keluar daerah, misalnya bawang dari Rote dan Semau kalau sudah jual ke Jawa jelas di NTT akan kekurangan bawang dan menyebabkan harga naik, paparnya.

“Tetapi mungkin juga karena cuaca yang belum mendukung, salah satunya hujan yang berlebihan berdampak juga bagi penurunan produksi dan keterlambatan pengiriman dari daerah produksi bawang”, tutur Tielman

Dengan kejadian ini, ditanya apakah langkah yang diambil oleh pihak pemerintah untuk menekan harga dan memenuhi kebutuhan bawang dalam daerah. Fredrik Tielman, mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa memaksakan penjual bawang untuk menjual bawang di daerah ini, setiap orang tentu mencari harga yang lebih menguntungkan.

Sedangkan untuk memastikan kenaikan harga ini, Fredrik Tielman mengatakan akan turun dan memantau pasar-pasar untuk memastikan isu kenaikan harga tersebut.(Rey)

Comments