Bupati Edi Endi Gunakan Tongkat Komando Karena Setara Jenderal Bintang Satu

  • Whatsapp
Bupati Manggarai Barat, Edi Endi tampak menggunakan tongkat Komando/Foto Fan Page Prokompim Manggarai Barat

 

Labuan Bajo, Savanaparadise.com,- Bupati Manggarai Barat, Edi Endi terlihat menggunakan tongkat komando ketika mulai berkantor, Senin, ,01/03/2021. Tongkat komando itu digunakan Edi Endi ketika melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah Organisasi Perangkat Derah di lingkup pemda Manggarai Barat.

Bacaan Lainnya

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Manggarai Barat, Ryan Gampar membenarkan penggunaan tongkat komandan oleh Edi Endi. Ia mengatakan Bupati Manggarai Barat diperbolehkan untuk menggunakan tongkat Komando.

Ia beralasan Jabatan Bupati setara dengan Jenderal Bintang Satu. ” Bupati boleh karena setara dengan bintang 1,” kata Ryan.

Ketika ditanya lebih lanjut terkait aturan yang mengatur penggunaan tongkat oleh Kepala Daerah, Ryan mengatakan masih mencari aturan itu.

Ini saya masih cek. maaf kami masih rapat perdana.kita sama-sama cek ya,” kata Ryan, Senin, 01/03/2021.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Manggarai Batat. Edi Endi mulai melakukan ativitas di hari pertamanya. Edi Endi langsung melakukan berbagai gebrakan dengan melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) di berbagai Organisasi Perangkat Derah di lingkup pemda Manggarai Barat. Dalam sidak itu Edi Endi tampak gagah menggunkan tongkat komando.

Seperti dikutip dari halaman facebook Protokol dan Komunikasi Pimpinan Manggarai Barat, Edi Endi melakukan sidak didampingi Plh. Sekretaris Manggarai Barat Ismail Surdi, Senin, 01/03/2021.

Edi Endi melakukan sidak ke Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Kawasan Pertanahan, Dinas Kesehatan. Edi Endi juga terlihat mengguanakan tongkat komando ketika menghadiri acara penyerahan moda transportasi laut dari kementerian perhubungan kepada pemerintah kabupaten Manggarai Barat.

Seperti dikutip dari Wikipedia,tongkat komando adalah alat yang digunakan sebagai simbol jabatan kewilayahan dan kesatuan di lingkungan militer dan kepolisian. Alat yang kebanyakan terbuat dari kayu ini biasanya menjadi bagian dari upacara serah-terima jabatan. Umumnya, pemegang tongkat komando adalah pejabat yang memimpin mulai tingkat kabupaten/kota hingga tingkat nasional.

Dikutip dari Wikipedia juga, penggunaan tongkat komando hanya digunakan oleh Kapolres/Dandim, Komandan Skadron pendidikan, Komamdan Skadron udara, Komandan Pusdik, Komandan Lanal, Komandan Satuan Radar, Komandan Batalyon, Komandan Brigif, Komandan Brimob, Komandan Lanud, Komandan Lantamal, Kapolda/Pangdam, Gubernur Akpol, Gubernur Akmil, Panglima Kostrad,Komandan Corps Marinir, Komandan Paskhas, Panglima Armada, Komandan Jendral Kopasus, KSAD/KSAL/KSAU dan Kapolri/Panglima TNI.(SP)

Pos terkait