Dongkrak Produktifitas Petani, Kita Sehati Siapkan Alsintan Gratis

37

 

Kefamenanu, Savanaparadise.com,- Mekanisasi pertanian merupakan kebutuhan bagi masyarakat TTU mengingat kondisi alam yang agraris. Untuk itu Alat dan mesin pertanian (alsintan) menjadi bagian penting dalam mekanisasi pertanian bagi para petani.

Untuk mendorong produktifitas petani Kita Sehati akan menyiapakan Alsintan seperti traktor, cultivator dan eksavator. Alsintan ini akan diakses secara gratis oleh masyarakat petani yang akan menggunakannya.

” Kalau daerah rata seperti Kilometer 6 dan Insana dan Noemuti rata -rata pakai pakai traktor.penggemburan tanah pakai cultivator. Maka kalau daerah gunung seperti Miomaffo Timur, Miomaffo Barat pakai traktor tidak bisa,” kata Calon Bupati TTU, Yosef Tanu ketika melakukan tatap muka bersama warga Kelurahan Aplasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Sabtu, (14/11/2020) malam.

Untuk mengerjakan lahan pertanian yang berada di daerah lahan miring paket Kita Sehati akan menyiapkan eksavator. eksavator tersebut kata Dia akan membuat tanah yang miring menjadi rata. Setelah dibuat trap-trap maka akan menjadi tempat yang luar biasa bagi para petani untuk bercocok tanam.

” Dan untuk pelayanan seperti ini tidak usah pakai bayar. Biarlah masyarakat terbantu.kita ingin lahan-lahan tidur yang ada di TTU dapat termanfaatkan,” Jelasnya.

Penggunaan alsintan kata dia akan sangat membantu masyarakat untuk mengelolah luasan lahan yang lebih besar. Karena kalau hanya memakai peralatan seadanya maka petani hanya mampu mengelolah dengan luasan yang terbatas.

” Kekuatan manusia ada batasnya.kalau kemampuannya hanya mampu olah 50 are mau paksa dia setiap tahun pun hanya 50 are.kalau dengan bantuan alat pertanian maka akan bisa mengelolah lahan hingga 1 hektar bahkan lebih,” jelasnya.

Untuk mendukung para petani kata dia paket Kita Sehati akan Menyiapkan tenaga penyuluh pertanian melekat setiap desa dan kelurahan.sehingga ketika para petani mengelolah lahan maka para penyuluh pertanian akan membantu.

” Selain itu kita akan menyiapkan bibit, pupuk dan obat-obatan. Sehingga ketika para petani membutuhkan maka semuanya akan tersedia,” kata mantan camat Noemuti Timur ini.

Dijelaskannya lebih lanjut terkait program pertanian, Kita Sehati akan melanjutkan program Padat Karya Pangan (PKP) yang sudah diletakkan oleh Pemerintahan Bupati Raymundus Sau Fernandez dan Wakil Bupati Alo Kobes.

Untuk diketahui Program Padat Karya Pangan adalah strategi meningkatkan ketahanan pangan masyarakat desa, menjadi prioritas utama program strategis pembangunan daerah kabupaten Timor Tengah Utara, yang diatur melalui Peraturan Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara nomor 4 tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah.

Program PKP ini telah mengantarkan
Pemerintah KabupatenTTU masuk dalam top 40 sebagai salah satu daerah yang menerapkan kebijakan inovatif daerah di tingkat nasional.

Hadir pada kesempatan itu calon Bupati TTU , Kristiana Muki, Ketua DPD Nasdem TTU, Tasi Yosef, Ketua Fraksi Nasdem DPRD TTU, Paulinus Efi, Anggota DPRD TTU, Oktofianus Sasi dan para pengurus partai Nasdem TTU.

Kristiana Muki pada kesempatan itu mengajak warga yang hadir untuk menjaga suasan pilkada agar berjalan dengan tertib dan aman. Ia meminta dukungan masyarakat untuk memilih paket Kita Sehati nomor urut 1.

Tatap muka itu juga diwarnai dengan sesi dialog bersama warga yang hadir. Salah satu warga, Maria Yasinta Rika meminta paket Kita Sehati untuk membereskan masalah air bersih dan infrastruktur jalan.

” Terimah kasih atas kehadiran mama Kristiana Muki bersama bapak Yosef Tanu. Maka pada malam hari ini kami warga aplasi dan Oesena kami bergabung untuk menantikan kedatangan paket Kita Sehati. Kami warga Oesena ingin menyampaikan bahwa kami membutuhkan air bersih. Perhatikan kami punya jalan.mohon diperhatiannya,” ujarnya.

Terhadap aspirasi warga, Yosef Tanu mengatakan paket Kita Sehati sudah menyiapkan berbagai terobosan strategis guna mengatasi kebutuhan air bersih. Ia mengatakan akan melibatkan struktur adat untuk menjaga kelestarian sumber air yang ada.

Selain itu kata dia Kita Sehati mempunyai program tanam air panen air. Terkait infrastruktur jalan ia mengatakan akan menjadi perhatian ketika paket Kita Sehati ketika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati TTU.(SP)

Center Align Buttons in Bootstrap