Gairahkan UMKM, Kita Sehati Siapkan Modal Usaha Rp 10 Juta Hingga 15 Juta Per Jenis Usaha

0

Kefamenanu, Savanaparadise.com,- Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) sebagai pilar penting bagi perekonomian daerah. Untuk memajukan perekonomian dan menggairahkan sektor UMKM di Kabupaten TTU, Kita Sehati (Kristiana Muki-Yosef Tanu) akan menyiapkan stimulus dana segar sebagai modal usaha. Modal usaha ini bersifat hibah kepada pelaku UMKM.

” Kita akan siapkan bantuan modal usaha untuk UMKM Rp 10 sampai Rp 15 juta per jenis usaha. Misalkan tanta Mina di Tumau, eh Pak Yos saya mau usaha. Nanti tanta Mina dan kawan-kawan yang lain kita akan fasilitasi di Balai Latihan Kerja yang ada di KM 9,” kata Yosef Tanu ketika melakukan tatap muka dan dialog di desa Banai, Kecamatan Insana Barat, Selasa,(17/11/2020) malam.

Ia menjelaskan ketika mengikuti pelatihan di BLK Tanta Mina dan kawan-kawannya akan dilatih sesuai dengan keahlian yang dipilih. Usai mengikuti pelatihan kata mantan Camat Noemuti Timur ini Tanta Mina dan kawan-kawan akan difasilitasi modal usaha.

” Apabila tanta Mina sudah belajar pintar, tanta akan diberi modal. Modal dari 10 juta hingga 15 juta. Silakan tanta Mina mulai usaha” kata Yosef Tanu.

Ia mengatakan pihaknya akan melakukan seleksi supaya tidak ada pendobelan dalam mendapatkan dana bantuan UMKM sehingga yang lain juga bisa mendapatkan modal.

Kristiana Muki pada kesempatan itu mengatakan paket Kita Sehati akan konsen membantu pertumbuhan UMKM di TTU. Menurutnya kelompok UMKM yang mendapat bantuan akan diseleksi agar bantuan yang diberikan harus tepat sasaran.

” Kalau betul-betul layak maka pemerintah akan memberikan bantuan. Jangan sampai kita menginginkan bantuan itu padahal masih ada yang lain yang membutuhkan bantuan itu. Supaya jangan dobel mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Ia mengatakan salah satu produk yang terkenal dari insana adalah beti tais. Dari sisi harga juga sangat terjangkau. Ketika ada tamu dari luar, pemerintah akan mengambil dari mama-mama lalu kita promosikan kepada para tamu undangan.

” Kita akan menggerakan kaum milineal untuk membantu melakukan promosi hasil kerja UMKM di marketplace,” ujarnya.

Dijelaskannya Kelompok Wanita Tani (KWT) juga akan mendapat perhatian Kita Sehati. Kelompok tersebut harus betul-betul sehat sehingga bisa mendapatkan bantuan.

Hadir pada kesempatan itu anggota DPRD TTU, Hiro Funan dan pengurus partai Nasdem lainnya. Tatap muka tersebut juga diwarnai dengan dialog bersama warga masyarakat setempat. Mereka meminta paket Kita Sehati untuk memaparkan visi misi dan program kerja.(SP)

Center Align Buttons in Bootstrap