HMI : Bendungan Napun Gete Menjawab Harapan Masyarakat Sikka

  • Whatsapp

Maumere, Savanaparadise.com,- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sikka memberi apresiasi atas kesediaan Presiden Joko Widodo untuk berkunjung dan meresmikan bendungan Napun Gete, di Kabupaten Sikka. Jokowi akan tiba di Sikka usai melakukan kunker di kabupaten Sumba Tengah, Selasa, 23/02/2021.

” Bendungan Napun Gete merupakan solusi ketersediaan air baku untuk masyarakat kota Maumere. Selain itu penyediaan air irigasi bagi lahan pertanian seluas 300 hektar di wilayah Nebe, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka,” kata Ketua HMI Komisariat IPPTEK Universitas Nusa Nipa, Andi Abdul Fattaah kepada SP, Senin, 22/02/2021.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan bendungan Napun Gete juga memiliki dampak yang baik untuk mengendalikan banjir diwilayah hilir. Apalagi musim hujan biasanya terjadi pada pertengahan bulan Desember hingga bulan Maret dengan intensitas curah hujan yang tinggi dalam durasi waktu yang pendek.

” Sehingga seringkali menimbulkan banjir.
Sedangkan 8 bulan lainnya berlangsung musim kemarau. sehingga debit sumber air menurun drastis. Daerah pertanian mengalami kekeringan, pasokan air baku tidak memenuhi kebutuhan penduduk di kota Maumere,” ujarnya.

Sehingga kata dia, kehadiran bendungan Napun Gete merupakan solusi untuk kepentingan irigasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani dan menunjang ketahanan pangan di Kabupaten Sikka.

Senada dengan itu, Ketua Komisariat HMI Ekososkum, Universitas Nusa Nipa, Julandar Rusmin mengatakan bendungan Napun Gete memberikan harapan bagi masyarakat petani di kabupaten Sikka. Dengan demikian akan memperkuat ketahanan pangan melalui penyediaan irigasi, mereduksi banjir dan menyediakan air baku.

” Bisa juga menjadi sumber energi untuk pembangkit listrik. Dengan begitu masyarakat Kabupeten Sikka pada umumnya berharap dengan jalannya operasional bendungan ini nanti dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 khususnya di bidang pertanian,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Komisariat HMI Ibnu Sina Sikka, Hudzaifah Abdurahman. Ia mengatakan kehadiran bendungan Napun Gete berdampak pada pemanfaatan lahan tidur yang selama ini dibiarkan.

” Banyak lahan pertanian kita yang belum dimanfaatkan dan dikelola lebih lanjut untuk meningkatkan produktifitas. Pertanian kabupaten sikka harus mempunyai inovasi dan terobasan untuk peningkatan produktifitas pertanian,” jelasnya.

Ia berharap Dinas Pertanian Kabupaten Sikka harus mampu menterjemahkan Visi dan Misi Kepala Daeerah yang tertuang dalam Dokumen RPJMD Kabupaten. sehingga adanya korelasi antara gagasan besar kepala daerah dan implementasinya.(Amin05)

Pos terkait