Jelang Peringatan HUT RI Ke-77, Kecamatan Ndona di Ende Gelar Aneka Kegiatan

  • Whatsapp
Camat Ndona, Yofan Pasa (Foto: Istimewa)

Ende, Savanaparadise.com,- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI yang ke-77, Kecamatan Ndona di Kabupaten Ende gelar aneka kegiatan.

Aneka kegiatan yang telah dan akan di gelar diantaranya sepak bola mini dan malam hiburan.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah membentuk panitia kecil untuk menyelenggarakan kegiatan menyongsong HUT RI ke-77 tahun 2022. Di panitia kecil ini kami libatkan seluruh tokoh masyarakat yang ada di kecamatan Ndona”, terang Camat Ndona, Yofan Pasa kepada awak media, Kamis (11/08/22).

Camat Yofan menambahkan penyelenggaraan kegiatan dalam menyongsong HUT kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 ini telah diawali dengan pertandingan sepak bola mini.

“Itu sudah final pada tanggal 10 Agustus kemarin. Nanti kami lanjutkan dengan kegiatan malam hiburan yang mulai dilaksanakan tanggal 11-13 Agustus”, jelas Yofan.

Untuk malam hiburan sendiri, tambah dia, ada berbagai macam acara yang yang akan diperlombakan yakni, paduan suara dan gawi antar SD, SMP, dan SMA.

“Kalau untuk paduan suara sendiri, lagu wajibnya adalah Indonesia raya 3 stanza”, jelasnya.

Yofan juga membeberkan alasan mengapa dirinya memilih lagu Indonesia Raya 3 stanza untuk diperlombakan. Menurut dia, karena selama ini masyarakat selalu terbiasa menyanyikan lagu Indonesia Raya 1 stanza, bukan 3 stanza.

Sehingga dalam moment ini, dirinya mencoba memperkenalkan lagu Indonesia Raya 3 stanza kepada seluruh masyarakat luas.

Sesudah menjelaskan alasan dirinya memilih lagu Indonesia Raya 3 stanza, Camat Yofan juga menguraikan terkait pilihannya memilih tarian gawi untuk diperlombakan.

Bagi Camat Yofan, tarian gawi merupakan tarian adat yang perlu dilestarikan secara terus menerus oleh generasi kedepannya agar tidak sirna karena termakan oleh jaman.

Selain menyajikan aneka lomba, Camat Ndona mengungkapkan, malam hiburan nanti akan disajikan pula beberapa stang yang disiapkan oleh Ibu-ibu PKK yang akan dimeriahkan oleh band kebanggaan kota Ende yaitu Endemic.

“Jadi di malam hiburanĀ  itu kami hadirkan musik, seni, dan UMKM. Kita mencoba menarik keramaian dari Kota, masuk ke kota kecamatan”, pungkasnya.

Sementara, Fransiskus S Pesa, Sekretaris Camat yang juga adalah ketua panitia penyelenggara mengatakan sejak digulirnya kegiatan menyongsong HUT RI ke-77 antusias masyarakat di wilayah kecamatan Ndona begitu tinggi.

Menurut Frans bukan hanya masyarakat, partisipasi para pelajar mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan Paud dan Kober juga begitu terasa.

Hal itu terlihat dengan keterlibatan mereka untuk mengisi acara malam kesenian yang akan diselenggarakan dari tanggal 11-13 Agustus 2022.

“Kita panitia sudah menyiapkan beberapa hadiah yang diberikan kepada peserta lomba. Hadiah itu nantinya hanya sebagai stimulus”, kata Sekcam Frans.

Penulis: Chen Rasi

Pos terkait