KTNA Kabupaten TTU Gelar Rembug Paripurna Luar Biasa

  • Whatsapp

Kefamenanu, Savana Paradise.com,_ Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), pada senin, (4/4/2022) menggelar Rembug Paripurna Luar Biasa.

Pelaksanaan rembug paripurna luar biasa yang dilaksanakan di Aula Hotel Grand Royal Kefamenanu ini dimaksudkan untuk memberikan penyegaran materi pertanian kepada para penyuluh pertanian dan para Petani itu sendiri, agar mereka dapat memahami secara baik tentang pembangunan pertanian di Kabupaten TTU.

Hal tersebut disampaikan Kepala dinas Pertanian kabupaten TTU, Gregorius Ratrigis, saat dikonfirmasi SP di lokasi kegiatan, senin (4/4).

“Kegiatan ini kita lakukan, dalam rangka memberikan penyegaran materi, kepada para perwakilan petani dari 24 kecamatan di TTU, agar mereka dapat memahami secara utuh tentang bagaimana pembangunan pertanian di kabupaten TTU” tutur Gregorius.

Ia menambahkan, para perwakilan yang didatangkan dari 24 kecamatan ini adalah tokoh petani yang akan dipersiapkan secara baik untuk menghadapi berbagai tantangan dunia pertanian ke depan.

Menurutnya, kegiatan tersebut diberi nama Rembug paripurna luar biasa karena selain memberikan pemahaman materi kepada para petani, juga dilakukan pemilihan pengurus KTNA baru masa bhakti 2022 – 2027 yang seharusnya sudah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu, namun karena situasi pandemi covid 19 sehingga baru terlaksana tahun saat ini.

Goris menjelaskan, tugas pokok dari pengurus KTNA ini adalah membantu penyuluh untuk memfasilitasi anggota kelompok tani terutama dalam hal bisnis, agar para petani dapat memperoleh keuntungan yang besar dari hasil usaha mereka.

“Saat ini, kita melihat para petani kita kurang beruntung di mana-mana. Sehingga kita harpakan agar pengurus KTNA ini, dapat menjembatani para petani kita dengan para pengusaha, dan juga dengan para konsumen, sehingga para petani ketika akan memasarkan hasil pertaniannya, tidak melalui rantai pasar yang terlalu panjang” ungkap Gregorius.

Kepada para pengurus baru yang terpilih, Gregorius berharap agar dapat membuka akses jaringan ke semua lini sehingga dapat mempermudah petani dalam berbagai hal terutama dalam hal pemasaran, sehingga para petani benar-benar merasakan keuntungan yang banyak dari hasil usaha mereka.

Dalam rembug Paripurna ini luar biasa ini, Frater Herman Ginting terpilih sebagai ketua baru KTNA TTU periode 2022-2027 menggantikan Petrus Asuat yang masa tugasnya telah berakhir.

Biarawan yang sehari-harinya bertugas di Paroki St. Antonius Padua Sasi ini, adalah salah satu Biarawan yang sukses dalam usaha pertanian, terutama pengembangan tanaman holtikultura seperti Lombok, Tomat, Sawi dan Pitsai kumbang, juga sukses dalam usaha bisnis ikan air tawar dan ternak Babi.

Kepada SP Ia mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para petani di kabupaten TTU kepadanya, untuk menahkodai lembaga KTNA TTU 5 tahun ke depan.

Herman mengatakan, ke depan Ia bersama sesama pengurus lainnya akan berusaha mempelajari telebih dahulu apa yang sedang terjadi dan dialami oleh para petani selama ini terutama para petani yang tergabung dalam kelompok-kelompok tani yang ada di TTU.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin agar masyarakat kita dapat keluar dari berbagai kesulitan yang dialami, tapi hal yang lebih penting yang ingin saya katakan adalah mari kita bekerja dan bukan hanya berkata-kata. Saya juga akan membangun koordinasi yang baik dengan pengurus-pengurus lainnya agar kita bisa merefleksikan kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan yang ada di kecamatan masing-masing untuk kemudian kita benahi menjadi lebih baik ke depan” pungkasnya.

Penulis : Yuven Abi
Editor : Chen Rasi

Pos terkait