Lonjakan Kasus Covid 19 di TTU Meningkat Pesat, DPRD Pertanyakan Kinerja Satgas

  • Whatsapp

Wakil Ketua DPRD TTU, Yasintus L. Naif (Foto: Yuven Abi) 

Kefamenanu, Savanaparadise.com,- Lonjakan kasus Covid- 19 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) beberapa hari terakhir ini makin pesat.

Bacaan Lainnya

Dari data yang disampaikan oleh ketua Satgas Covid -19 Kabupaten TTU Kristoforus Ukat, per tanggal 5 Juli 2021, kasus positif Covid- 19 di Kabupaten TTU bertambah sebanyak 14 kasus dengan klaster baru dari PLBN Napan Kecamatan Bikomi Utara sebanyak 11 orang, 2 orang berasal dari kelurahan Sasi, kecamatan Kota Kefamenanu dan 1 orang lagi dari Desa Oelami, kecamatan Bikomi Selatan.

Dengan bertambahnya 14 kasus tersebut maka jumlah kasus positif Covid -19 di TTU telah mencapai 57 kasus.

Menanggapi lonjakan pesat ini, Wakil ketua DPRD TTU Yasintus L. Naif angkat bicara.

Menurut Wakil Ketua DPRD TTU ini, Pemerintah Daerah perlu melakukan langkah-langkah strategis dalam pemberantasan penularan Covid-19 ini.

Langkah-langkah strategis yang dimaksudkan politisi Hanura ini antara lain, Pemerintah tidak hanya sebatas mengaktifkan kembali pos-pos perbatasan, dengan menempatkan petugas yang tugasnya hanya melakukan test suhu badan bagi setiap pelintas batas, namun semua stakeholder sampai di tingkat Desa dan seluruh Puskesmas di wilayah ini harus digerakan agar bisa berperan aktif dan mampu untuk mendeteksi tingkat penyebaran Covid -19 di seluruh wilayah Kabupaten TTU.

Yasintus juga mempertanyakan kinerja Satgas Covid -19 TTU yang kelihatan tidak serius dalam upaya pemberantasan virus ini.

“Kita telah gelontorkan anggaran fantastis. Jumlahnya sekitar 51 milyard. Kita mengalokasikan anggaran sebesar ini dengan maksud agar pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid -19, benar-benar serius melakukan proteksi terhadap penyebaran virus corona ini. Tapi jika sampai hari ini lonjakan kasus Covid semakin naik, maka saya mempertanyakan kinerja Satgas” ungkap Yasintus.

“Satgas jangan sampai hanya booming dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya ceremoni, agar dapat dilihat oleh publik bahwa Satgas memiliki kegiatan, namun yang paling penting adalah satgas harus benar-benar berupaya maksimal dengan menggunakan anggaran yang digelontorkan Pemerintah Daerah dan DPRD untuk melakukan deteksi dini terhadap potensi penyebaran Covid- 19 dan bekerja cekatan untuk menekan laju peningkatan angka Covid -19 ini” sambung Ketua DPC Partai Hanura TTU ini.

Yasintus meminta agar Satgas Covid- 19 kabupaten TTU tidak hanya menghabiskan waktunya di Kota tapi juga bisa membuka sayap sampai ke setiap Desa di TTU karena fakta menunjukan bahwa tingkat penyebaran Covid -19 di TTU akhir-akhir ini lebih besar terjadi di Desa.

Yasintus juga berharap kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten TTU, agar bisa menahan diri untuk tidak melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya dapat mengumpulkan banyak orang seperti pesta, baik pesta nikah, pesta adat ataupun kegiatan perkumpulan lain yang berpotensi terhadap penularan Covid -19.

Penulis : Yuven Abi
Editor : Chen Rasi

Pos terkait