Negara Malaysia Klaim Motif Buna Insana Asal NTT Miliknya

  • Whatsapp

Kupang, Savanaparadise.com,- Negara Malaysia klaim motif kain Bana Insana asal Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT milik Negaranya. Hal itu diketahui melalui postingan Fan Page Facebook El Tocuyu award. Fan Page El Tocuyu Award mengunggah tiga Foto dengan memberi caption MALAYSIAN TEXTILE.

Bacaan Lainnya

“So today, Miss Indonesia wore an outfit with Rungus motives. Rungus is an ethnic in Sabah, Malaysia. Congratulations,”
#MissGrandMalaysia #MissMalaysia #MissGrandInternational,” tulis Tocuyu award itu.

Kalimat di atas kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia mengandung arti demikian “Jadi Hari ini Miss Indonesia menggunakan pakaian dengan motif Rungus. Rungus adalah etnis Sabah di Malaysia, Selamat.

Tentunya postingan tersebut mendapat beragam tanggapan dan protes dari netizen asal Indonesia yang tidak ingin salah satu kekayaan budayanya diklaim secara sepihak oleh Negara lain.

Salah satunya adalah akun Jayabaru Maumere. Dalam komentarnya ia menulis, The motif originally from Indonesia, The Buna Insana Motif from Soe, East Nusa Tenggara. Not From Malaysia.

Sebelumnya, Malaysia pernah mengklaim 8 warisan budaya asal indonesia yaitu lagu Rasa Sayange, Kain Batik, Wayang kulit, Reog Ponorogo, Rendang, Angklung.

Hingga berita ini diturunkan belum ada respon ataupun tanggapan dari Pemda TTU dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur terkait persolan motif kain Bana Insana yang diklaim secara sepihak oleh Negara Malaysia.(SP)

Pos terkait