Nilai Tukar Petani April 2013 Naik 0,25 %

0

Kupang, Savanaparadise.com,- Nilai Tukar Petani (NTP) pada bulan april 2013 sebesar 99.91% atau naik 0,25% dibanding bulan maret 2013, yaitu dari 99,66 menjadi 99,91.

“Berdasarkan hasil pemantauan harga-harga pedesaan di NTT pada bulan april 2013 nilai tukar petani atau NTP di Nusa Tenggara Timur mengalami kenaikan sebesar 0,25”, kata oleh Badan pusat statistik provinsi NTT, Aden Gultom, ketika menggelar jumpa pers dengan wartawan,rabu/01/05, di Kupang.

Menurut Gultom, kenaikan nilai tukar petani pada april 2013 disebabkan naiknya indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga maupun keperluan produksi pertanian relatif lebih tinggi dibanding kenaikan harga hasil produksi pertanian.

Dikatakan gultom, nilai tukar petani merupakan pengukur kemampuan tukar barang-barang atau produk pertanian yang dihasilkan petani dengan barng atau jasa yang diperlukan untuk konsumsi rumah tangga serta keperluan dalam memproduksi produk pertanian.

Nilai tukar petani kata Gultom diperoleh dari perbandingan indeks harga yang diterima petani terhadap indeks harga yang dibayar petani merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan atau daya beli petani dipedesaan.

“Nilai tukar petani juga menunjukan daya tukar atau term of trade dai produk pertanian dengan barng dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi. Semakin tinggi nilai tukar petani, relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan atau daya beli petani”, ujarnya.(JN/SP)

Comments