Pekan Depan Semua Desa di TTU Salurkan BLT

  • Whatsapp

 

Kefamenanu, Savanaparadise.com,- Sampai hari ini Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa di Kabupaten TTU baru disalurkan di 2 desa yakni desa Tunbes kecamatan Biboki Moenleu dan desa Usapinonot kecamatan Insana Barat.

Plt Kepala dinas PMD kabupaten TTU Egidius Sanam kepa SP (Senin 15/05/ 2020) mengatakan, kendala penyaluran BLT diakibatkan oleh keterlambatan pencairan Dana Desa Tahap I.

Egi merincikan bahwa jumlah desa di kabupaten TTU yang mendapatkan Dana Desa sebanyak 160 desa.

“Di TTU terdapat 160 desa yang mendapatkan Dana Desa. Dari 160 desa ini yang sudah melakukan pencairan dana desa tahap I baru 3 desa yakni desa Tunbes, desa Usapinonot dan desa Napan” urai Egy.

“Dari 3 desa yang telah melakukan pencairan dana desa tahap I ini baru 2 desa yang melaksanakan penyaluran BLT ke sasaran pemanfaat program BLT ini yakni desa Tunbes dan desa Usapinonot” tambah Egi.

Untuk desa Napan Kecamatan Bikomi Utara, Egy menjelaskan bahwa BLT belum disalurkan kepada masyarakat pemanfaat karena setelah dikomunikasikan dengan Kepala desa ternyata Dana Desa tahap I yang telah dicairkan sudah habis terpakai untuk belanja kebutuhan lain.

Lebih lanjut Egy menjelaskan bahwa kendala keterlambatan penyaluran BLT Dana Desa adalah adanya keterlambatan proses penetapan APBDes di tingkat desa yang berakibat pada belum dapat dicairkannya Dana Desa tahap I.

“Rata-rata APBDes dari setiap desa baru ditetapkan di awal mei 2020 sehingga pencairan Dana Desa tahap I juga mengalami keterlambatan” kata Sanam.

“Salah satu persyaratan penting untuk pencairan Dana Desa saat ini yakni setiap desa harus input aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN) sehingga APBDes dari masing-masing desa langsung terbaca di pusat” urai Egy.

Menurut Egy semua itu sudah dilakukan terutama di 157 desa dan sesuai hasil konsultasi dengan Kantor Perbendaharaan Keuangan Negara (KPPN) Atambua untuk 160 desa di TTU yang mendapatkan Dana Desa, anggarannya sudah masuk ke rekening 157 desa.

Egy menambahkan bahwa sampai saat ini masih ada 3 desa yang belum menetapkan APBDes yakni desa Naku kecamatan Biboki Feotleu , desa Letmafo kecamatan Insana Tengah dan desa Baunuan kecamatan Insana Fafinesu.

“Untuk desa Naku sementara diproses penunjukan Penjabat Kepala Desanya karena Kepala Desa definitif lagi bermasalah dan sementara menghadapi kasus hukum. Untuk desa Letmafo BPDnya sementara berproses dan dalam waktu dekat akan diadakan pelantikan anggota BPD yang baru, sedangkan untuk desa Banuan kendalanya sesuai informasi yang kita dapat, BPD tidak mau menandatangani penetapan APBDes. Ini nanti kita akan cek agat secepatnya dibereskan sehingga tidak menghambat proses penyaluran BLT ke masyarakat” jelas Egy.

Plt Kadis PMD ini mengatakan bahwa dirinya bersama tim di PMD akan terus memantau setiap desa terutama yang dana desanya sudah berada di rekening agar dalam pekan depan ini penyaluran BLT ke setiap KK yang sudah ditetapkan segera dilaksanakan. (YA)

Pos terkait