Petani Cengkeh di Manggarai Jadi Korban Penipuan Online

  • Whatsapp

 

Ruteng, Savanaparadise.com,- Rafael Sigat, warga kampung Helas, desa Wae Ajang, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai menjadi korban penipuan online. Rafael yang merupakan petani cengkeh ini harus rela kehilangan uang sebanyak 10 juta Rupiah.

Bacaan Lainnya

Kejadian tersebut bermula, Rafael Sigat baru saja selesai menimbang cengkeh sebanyak 299 kilogram. Ketika selesai melakukan penimbangan tiba tiba ada nomor baru menelpon.

Tak butuh waktu lama Rafael Sigat pun menjawab panggilan telepon nomor tak dikenal itu. Si penelpon mengaku merupakan aparat kepolisian di Kalimantan. Penelpon yang mengaku polisi ini memberitahukan anak Rafael Sigat terlibat kasus Narkoba.

Merasa panik dengan informasi tersebut korban langsung menanyakan keadaan dari anaknya. Rafael Sigat meminta untuk berbicara secara langsung namun pelaku tidak mengindahkan permintaannya.

Penelpon meminta jaminan 10 Juta Rupiah agar anaknya dibebaskan. Ia mengatakan anaknya sedang dalam tahanan polisi di Kalimantan.

Rafael Sigat pun panik. Ia langsung meminta nomor rekening Bank BRI pelaku untuk mengirimkan sejumlah uang.

Tory Sehadan salah satu kerabatnya menduga pelaku penipuan merupakan keluarga dekat. Ia beralasan kejadian itu bertepatan dengan Rafael Sigat menjual hasil bumi.

” Ini pasti orang sekitar karena tidak mungkin ada orang yang tahu bahwa bapak ini baru timang cengkih, sehingga kuat dugaan saya bahwa ini pasti ada orang dalam,” kata Tory Sehadan, Senin, 22/03/2021.

Atas kejadian itu Tory Sehadan akan melaporkan penipuan itu ke Pihak yang berwajib.(KBT)

Pos terkait