PMKRI St. Yohanes Don Bosko Cabang Ende Gelar Pelantikan Kepengurusan Baru Periode 2021/2021

  • Whatsapp

Ende, Savanaparadise.com,- Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) St. Yohanes Don Bosco Cabang Ende menggelar acara pelantikan kepengurusan baru periode 2020/2021. Kegiatan pelantikan digelar di Margasiswa PMKRI Ende jl. Wirajaya Ende, Selasa, 19/1/2021.

Dalam kegiatan pelantikan tersebut dihadiri oleh Alumni dan anggota aktif serta Organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada di Kabupaten Ende.

Ketua Presidium terpilih PMKRI Cabang Ende, Oktavianus Erikson Rome dalam sambutannya mengatakan, dengan berkaca pada situasi global yang terjadi hari ini, cendrung memicu dan memacu setiap Negara untuk saling berkompetitif antara satu dengan yang lainnya berlandaskan pada kepentingan masing-masing Negara.

Dalam konteks ini, semestinya Indonesia sebagai bangsa yang besar dengan jumlah penduduknya banyak, sumber daya yang melimpah, dan wilayahnya luas harus menjadi modal dan kekuatan untuk memenangkan kompetisi ini, tambah Oktavianus.

Dirinya menilai akibat dinamika politik bangsa ini yang tak menentu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga menjadi penghambat bagi kita untuk memenangkan kompetisi ini.

Dalam sambutannya ia juga mengatakan bahwa gerakan mahasiswa Indonesia tahun 1998 merupakan gairah pergerakan pemuda berada pada puncaknya. Gerakan tersebut yang telah memaksa Soeharto untuk mundur dari jabatan sebagai Presiden RI.

Karena itu, dalam sambutannya,  dirinya mengajak kepada semua mahasiswa dan pemuda untuk kembali bangkit berjuang mengembalikan rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, sebab pemuda adalah pemegang tampu perjuangan.

Ketua PMKRI Ende ini juga mengatakan PMKRI Cabang Ende sebagai organisasi yang independen serta orientasinya sebagai organisasi pembinaan dan organisasi perjuangan, dalam peroses perjuangan PMKRI Cabang Ende tetap melakukan gerakan-gerakan guna mendesak pemerintah untuk tetap mengedepankan kepentingan umum.

Dalam sambutan itu, Oktavianus dengan tegas mengatakan,  PMKRI Cabang Ende meminta Pemerintah Daerah (Pemda) dan instansi-instansi terkait untuk selalu transparansi mengelolah anggaran dana Covid-19.

Ia mengingat kepada Pemda untuk tidak main-main dalam mengelola dana tersebut secara baik sehingga asas pemanfaatan tepat sasaran.

Mewakili Alumni, Yohanes Brekmans Ropa Cardoso, dalam sambutannya menekankan kepada kepengurusan baru PMKRI Cabang Ende tentang pentingnya berproses bersama di internal PMKRI. Karena proses inilah yang menjadi cikal bakal bagi teman-teman berjuang dan belajar di PMKRI, Tambanya.

Apabila teman-teman tidak berproses dengan sunguh-sungguh, kata Alumni PMKRI ini, tentunya akan menjadi bumerang untuk kalian kedepan nantinya.

“Setiap anggota PMKRI harus mengetahui dan memahami tiga benang merah, pertama, Visi PMKRI, kedua, MISI PMKRI, dan ketiga, AD/ART PMKRI”, Katanya.

Kalau ketiga hal di atas tidak dipahami secara baik, perkembangan, tujuan dan cita-cita organisasi tidak akan terwujud. Sebab kalau internalnya rapuh, maka seluruh pergerakan diluar pun ikut rapuh.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ia berharap agar dikepengurusan baru ini, untuk menata membenahi kembali internal organisasi agar lebih baik.

“Berproseslah secara baik dan tuntas di PMKRI, jangan mengutamakan hasil karena ketika kalian berproses secara baik dan tuntas, maka proses itu tidak pernah mengkianati hasil, Kata Cardoso.

Penulis: Chen Rasi

Pos terkait