Ratusan Mahasiswa Di Ende Deklarasi IMKE

  • Whatsapp

Ende, Savanaparadise.com,- Ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Ikatan Mahasiswa Kecamatan Ende (IMKE)  melakukan deklarasi yang bertempat di Aula Kantor Camat Ende, Minggu (20/6/21).

Berdasarkan data base anggota IMKE, jumlah anggota sementara yang terinventarisir sebanyak 115 Oang, yang rata-rata terdiri dari Mahasiswa dan berasal dari Kecamatan Ende.

Ketua terpilih IMKE, Tarnisius Dedi Rowa dalam sambutannya mengatakan spirit pertama sehingga terbentuknya IMKE adalah membangun ikatan kekeluarga dan kebersamaan diantara sesama Mahasiswa tanpa memandang sekat dan perbedaan darimana asal kampus dan latar belakang lainnya.

Sebagai Ketua terpilih, pria yang akrab di sapa Dedi ini menegaskan dirinya bersama pengurus lainnya akan turun ke Desa-desa untuk melakukan pendataan secara keseluruhan Mahasiswa se-Kecamatan Ende.

“Kami sebagai pengurus baru akan turun ke Desa-desa se wilayah Kecamatan Ende, untuk mendata banyaknya mahasiswa se wilayah Kecamatan Ende dan akan mengayomi seluruh mahasiswa se wilayah Kecamatan Ende”, tegas Dedi dalam sambutannya.

Dedi menambahkan untuk mendukung salah satu program kami ini, kami akan bekerja sama dengan pemerintah Desa dan masyarakat Desa.

“Dalam hal ini, Kita akan bekerja sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga IMKE”, kata Dedi.

Dedi juga mengatakan selain mempersatukan seluruh Mahasiswa dari Kecamatan Ende, tujuan lain pendirian IMKE adalah untuk Menyalurkan aspirasi masyarakat Desa se Kecamatan Ende secara khusus dan Kabupaten Ende secara umum.

“Hari ini Kami hadir bukan atas kepentingan pribadi atau kepentingan oknum-oknum tertentu, tapi kami hadir untuk kepentingan masyarakat pada umumnya”, tegas Dedi disela-sela sambutannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Dedi berharap agar Pemerintah Kecamatan Ende selalu bekerja sama dengan IMKE dengan melibatkan IMKE dalam berbagai kegiatan di tingkat kecamatan maupun di tingkat Desa.

Dikesempatan yang sama, penginisiator terbentuknya Ambrosius Sede kepada wartawan mengatakan, IMKE terbentuk karena melihat berbagai persoalan yang terus terjadi di Kecamatan Ende, termasuk persoalan kemasyarakatan.

“Selain tujuan yang sudah disebutkan oleh saudara Dedi, Ketua terpilih tadi dalam sambutannya, disini saya boleh sebutkan beberapa tujuan sampai didirikan IMKE adalah,

1. Memperkuat tali persaudaraan antar Mahasiswa Kecamatan Ende.

2. Meningkatkan solidaritas dan kerja sama antar generasi Muda di Desa.

3. Terbentuknya jiwa semangat perjuangan anggota IMKE yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil.

4. Memotivasi setiap generasi muda untuk mampu menjalin toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman.

Ambros menjelaskan beberapa fungsi yang dijalankan IMKE yaitu menyalurkan aspirasi masyarakat di tingkat Desa, menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan memberdayakan masyarakat lokal untuk mendukung kebijakan otonomi daerah yang lebih terarah, terpadu, dan berkesinambungan.

Menyelenggarakan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda, menumbuhkembangkan dan memperkuat nilai nilai kearifan lokal ,kesetiakawanan sosial, kekeluargaan dan persatuan di kalangan generasi muda dalam bingkai NKRI.

Dan terakhir, jelas Ambros, melaksanakan rujukan dan memfasilitasi bagi penyandang masalah sosial kemasyarakatan dan membangun dan memperkuat siatem jaringan,komunikasi,informasi dan kemitraan strategis dengan berbagai pihak.

Penulis: Chen Rasi

Pos terkait