Reses di TTS, Kristiana Muki Serahkan Bahan Makanan Tambahan Untuk Sasaran Stunting

10
Anggota DPR RI, Kristiana Muki menyerahkan bantuan sembako bagi ibu-ibu hamil dan lansia di Desa Loli, Kecamatan Polen Kabupaten TTS, NTT

 

So,e, Savanaparadise.com,- Komitmen Anggota DPR RI, Kristiana Muki terhadap penanganan Stunting tidak diragukan lagi. Dalam agenda reses ke Daerah pemilihan, Anggota Komisi II ini terus melakukan tindakan pencegahan stunting melalui pemberian makanan tambahan (PMT) bagi sasaran stunting.

Setelah sebelumnya gerakan ini dilakukan di Timor Tengah Utara (TTU), kali ini Kristiana melakukan pemberian makanan tambahan di desa Loli, Kecamatan Polen, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, Senin, 06/01/2020.

Pada kesempatan itu Kristiana Muki juga menyerahkan bantuan Sembako bagi ibu-ibu hamil dan para Lansia. Tak hanya itu Kristiana juga menyerahkan bantuan biaya kepada kader posyandu untuk memacu pemberian makanan tambahan kepada sasaran stunting di desa Loli.

Dihadapan masyarakat desa Loli, Kristiana menjelaskan bahwa masalah stunting terjadi akibat asupan gizi yang kurang saat Ibu mengandung dan anak lahir. Ia meminta  para Ibu Ibu agar memperhatikan pola makan anak balita dalam rumah tangga.

“ Masalah Stunting merupakan isu kesehatan yang paling penting dan hangat di indonesia. Oleh karena itu segala upaya dilakukan untuk mengantisipasi masalah stunting yang masih tinggi di NTT. salah satu yang kita perhatikan adalah asupan gisi ibu hamil dan bayi setelah melahirkan,’ jelas Kristina yang pernah menjadi guru honorer ini.

Pada kesempatan tersebut Kristiana juga menjelaskan tupoksinya sebagai Anggota DPR RI yang turun melakukan reses. Ia mengatakan turun reses ke daerah pemilihan merupakan amanah konstitusi yang harus dijalankan oleh anggota DPR RI.

“saya merubah polah reses tidak datang untuk bagi bagi uang kepada masyarakat akan tetapi uang reses diberikan untuk kebutuhan utama yang menjadi prioritas di  desa Loli. Pada kesempatan ini juga Saya berterima kasih kepada masyarakat TTS yang telah mendukung saya dengan suara yang cukup besar,” jelasnya.

Kristiana menjelaskan amanah yang diberikan oleh masyarakat di daerah pemilihan NTT II akan dijalankan sebaik mungkin dalam kiprahnya sebagai anggota DPR RI.

“ Reses kali ini saya tidak datang sendiri melainkan bersama para pengurus  NasDem dan juga bersama tenaga Ahli Fraksi dan Tenaga Ahli Dapil. Ini bentuk tanggung jawab saya dan bentuk komitmen atas amanah  yang diberikan oleh rakyat TTS yang telah memberikan suaranya pada pemilu legislatif kemarin,” jelasnya.

Makanan Tambahan untuk Penanganan Stunting

Reses tersebut juga diwarnai dengan dialog bersama masyarakat bersama Kristiana.  Salah satu warga, Ida Letemanu meminta perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan kader posyandu. Menurutnya tugas kader posyandu sangat berat namun belum seimbang dengan insentif yang diterima.

Warga lainnya, Maria Buram mengeluhkan rumah tinggal yang belum layak huni. Ia mengatakan didesanya banyak warga miskin yang sudah lansia yang membutuhkan uluran tangan pemerintah untuk membantu para lansia untuk rumah tinggal layak huni. Ia berharap melalui anggota DPR RI, aspirasinya bisa diteruskan ke pemerintah.

Terhadap aspirasi yang disampaikan oleh warga tersebut, Kristiana berjanji untuk menyampaikan hal tersebut melalui jejaring politik Fraksi Nasdem karena masalah kesehatan dan perumahan bukan merupakan bidang tugas komisi II DPR RI. Namun beberapa hal teknis lainnya akan diperhatikan oleh Kristiana dengan caranya sendiri.(Tim/SP)

Comments