Wabup Sumba Tengah Berharap Produksi Jagung Berimplikasi Bagi Pendapatan Dan Pemenuhan Kebutuhan Petani

  • Whatsapp

Waibakul, Savana paradise.com,_ Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa, berharap produksi jagung di kabupaten Sumba Tengah berimplikasi terhadap pendapatan dan pemenuhan kebutuhan hidup petani.

Hal ini dikatakan Daniel, saat melakukan panen jagung program food estate pada kelompok tani Pawang Kabu di Desa Umbu Pabal Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Senin (28/2/2022).

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Wabup Daniel berpesan agar para petani jangan cepat merasa puas dengan hasil panen yang diperoleh saat ini.

“Kita tingkatkan terus hasil panen. Karena itu lahan yang masih ada jangan dibiarkan tapi harus diperluas lagi untuk diolah secara baik dengan memanfaatkan curah hujan yang ada untuk terus menanam jagung kedua dan aneka tanaman pangan unggulan lainnya seperti sorgum dan kacang-kacangan,” pinta Wabup Daniel.

Ia mengatakan, panen jagung program food estate yang gencar dilakukan setiap hari dinilai terjadi peningkatan produktivitas dari waktu ke waktu di setiap wilayah, sehingga Ia berharap agar jagung yang dipanen tidak saja untuk dikonsumsi tetapi bisa dijual untuk menopang kebutuhan hidup setiap hari, disamping dapat digunakan untuk membiayai anak bersekolah.

Daniel juga menghimbau kepada Dinas Pertanian, PPL dan Pemerintah Desa agar terus memantau dan memberikan motivasi serta pendampingan kepada para petani di wilayah tersebut maupun wilayah lainnya untuk kepastian jaminan ketersediaan pangan masyarakat senantiasa terpenuhi.

Panen jagung milik kelompok tani Pawang Kabu di Lairoba, Desa Umbu Pabal Selatan pada lahan 3 ha dengan hasil ubinan 7 ton per ha itu, dihadiri dan diikuti juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Tengah Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si, Asisten Administrasi Umum Ferdinand U. Kabalu, SE, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Umbu K. Pari, SP dan Camat Umbu Ratu Nggay Barat Paulus P. Berawoli, S.Sos.

Penulis : Umbu Sorung
Editor : Yuven Abi

Pos terkait